RSS

Mie Ayam Kenyal (Wawancara Kewirausahaan)


Pak Toni adalah seorang pedagang mie ayam yang berlokasi di perumahan Sari Bumi Indah, Tangerang. Beliau memulai usaha berjualan mie ayam pada tahun 2012 dengan nama usaha “Mie Ayam Kenyal”. Mie ayam yang dijual adalah buatan tangan Pak Toni sendiri, sehingga tidak memakai pewarna ataupun pengewet. Dalam menjalankan usahanya, Pak Toni dibantu oleh istrinya. Pak Toni tidak hanya menjual mie ayam, beliau juga menjual kwetiau rebus dalam usahanya. Awal mulainya usaha dagang Mie Ayam Kenyal, Pak Toni hanya menjual mie ayam seperti mie ayam pada umumnya. Namun, seiring berjalannya waktu, beliau mencoba membuat inovasi dalam menjalankan usaha dagangnya. Pak Toni membuat mie herbal, yaitu mie yang dibuat dengan bahan baku sayuran. dan buah Jenis-jenis sayuran dan buah yang digunakan sebagai bahan baku pembuatan mie ayam antara lain adalah wortel, sawi hijau, dan buah bit. Hal tersebut dilakukan untuk menarik minat pembeli, sehingga keuntungan yang diperoleh dapat bertambah.
         


Sejak kapan berjualan disini?
Saya berjualan disini sejak bulan Oktober mbak. Kalau ngga salah tepatnya tanggal 19 Oktober 2012 mbak.

Bagaimana ceritanya sehingga memilih berjualan mie ayam?
Pertama sih karena ada peluangnya mbak. Kan di daerah sini belum ada yang berjualan mie ayam kenyal seperti saya, yang ada hanya penjual mie ayam biasa dan itu juga baru satu orang yang berjualan mie ayam. Alasan yang  kedua sih karena saya mendapatkan pengajaran langsung dari keponakan saya yang juga berjualan mie ayam di daerah Tangerang. Keponakan saya sudah cukup sukses dengan usaha mie ayamnya dan sudah membuka 2 cabang.

Modal awalnya berapa? Darimana modal itu didapat?
Modal awalnya kurang lebih sekitar Rp. 5.000.000,00an mbak. Modalnya saya dapatkan dari uang tabungan saya sewaktu saya masih kerja di pabrik.
  
Berapa keuntungan yang anda peroleh tiap harinya?
Keuntungan yang diperoleh tiap harinya rata-rata kurang lebih Rp. 200.000,00 sampai Rp. 300.000,00an mbak.

Apa upaya yang dilakukan supaya usaha anda dapat berkembang dan bertahan dari persaingan?
Yang saya lakukan selama ini sih mbak dengan menyebarkan brosur dan cerita kepada teman-teman. Saya juga mempertahankan mutu dan kebersihan, supaya pelanggan puas dengan pelayanan kami dan mudah-mudahan semakin banyak lagi yang datang membeli.

Target apa yang belum anda capai?
Yang belum tercapai saya ingin membuka cabang baru lagi ditempat lain mbak, supaya keuntungan yang saya peroleh juga bisa bertambah.

Apakah pendapatan yang diperoleh dari usaha anda dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari?
Iya mbak. Yang penting  anak-anak bisa sekolah dan kebutuhan kami sehari-hari dapat tercukupi.

Hambatan yang munjul waktu mulai berjualan?
Hambatannya waktu  awal berjualan saya belum punya pelanggan dan belum banyak yang tahu karena masih minimnya sosialisasi yang saya lakukan.

Apakah usaha anda mengalami kenaikan, baik dari segi pembeli maupun keuntungan yang diperoleh?
Iya mbak. Sekarang pelanggan saya sudah mulai banyak, sampai-sampai saya suka kewalahan melayani pembeli. Saya juga sering pulang larut malam, karena banyaknya pembeli yang datang hingga malam hari. Keuntungannya jelas bertambah mbak, soalnya pembelinya semakin banyak dibandingkan pada saat awal saya membuka usaha saya.
  

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright 2009 oktarinigintings. All rights reserved.
Free WPThemes presented by Leather luggage, Las Vegas Travel coded by EZwpthemes.
Bloggerized by Miss Dothy