RSS

Selamanya Hanya Kamu ....




Gue sesil, gue masih sekolah kelas 3 SMA di SMA 3 Jakarta. Kata banyak orang, gue itu orangnya teledor banget, pelupa, berantakan pula. Gua juga ngga ngerti kenapa bisa kaya gitu. Gue anak ke 2 dari 2 bersaudara. Abang gue Farel namanya, dia juga ngga jauh beda dari gue. Oh iya, gini-gini gue punya cowo juga loh, Radith namanya. Dia satu-satunya cowo yang bisa ngertiin gue banget. Dia ngga pernah melihat gue dari fisik dan dia juga ngga pernah nuntut yang macem-macem dari gue. Gue udah 11 bulan pacaran sama dia, sebulan lagi, gue genap 1 tahun dan gue sayang banget sama dia.
“De, Radith udah di depan noh, nungguin lo!! Cepetan !!” kata Farel tiba-tiba
“Hah?? Iya,,, iya,,,!” gue nyaut
Gue langsung buru-buru turun ke bawah sambil ngegendong tas ransel gue, megang buku Fisika sama Kimia ditangan kanan gue.
“Sil, sarapan dulu sana!!” kata mama di ruang makan
“Engga mah, udah telat. Berangkat dulu ya mah.”
“Itu kamu berantakan banget sih, rapihin dulu!”
“Iya mah... entar!” kata gue sambil lari ke depan
Sesampainya di depan Radith udah setia nungguin gue di motor gedenya.
“Eehm...!!” kata gue ngagetin dia
“Eh...!!” kata Radith kaget. “selamat pagi!” lanjutnya dengan senyuman termanisnya.
“Pagi juga! Uum .... udah lama ya nunggunya??”
“Engga kok, yaudah, berangkat yuk!!”
“Iyah.” Kata gue sambil naik ke motor gedenya.
Radith itu cowo paling sempurna buat gue. Udah baik, pinter, keren, tinggi, pokoknya the best lah. Oh iya, dia udah kuliah disalah satu universitas negri di Jakarta.
Nggak nyampe 30 menit, gue udah nyampe di depan sekolah. Gue turun perlahan dari motor Radith.
“makasih ya Dith.”
“iya, sama-sama. Masih kaku aja kamu” kata Radith sambil ngacak-ngacak rambut gue. “yaudah, cepet masuk sana!!”
“oh iya!! Kamu hati-hati ya berangkat kuliahnya!!”
Radith membalasnya dengan senyuman.
Nyampe di kelas, bel masuk berbunyi. Anak-anak langsung pada ribet mau ganti baju buat olahraga. Gue duduk dengan perasaan bingung.
“Eh Re, emang ada pelajaran oalhraga gitu??” tanya gue ke temen sebangku gue, Rere namanya.
“Jangan bilang lo ngga bawa??” jawab Rere ketus
“Emang sekarang hari apa??” tanya gue lagi
“Udah capek kali gue ngingetin lo! Udah ah, gue mau ganti baju!” kata Rere ninggalin gue sendirian
“Yah.... terus gue gimana??”
“Yaa... tinggal tunggu hukuman aja dah lo!!”
Alhasil, gue disuruh berdiri di tengah lapangan sambil hormat ke bendera selama 2 jam pelajaran.
Huft,, girtu deh hari-hari gue dari dulu sampai sekarang, monoton banget, gitu-gitu aja, ga ada perubahan, tiap hari pasti aja ada yang kelupaan kalo di sekolah, tiap hari ada aja hukuman buat gue, untung gue punya Radith yang bisa menghibur gue.
Tiap pulang sekolah, gue selalu di jemput sama Radith. Gue sama Radith jalan kalo hari Sabtu sama Minggu aja, kata dia sih biar ngga ganggu hari efektif gue buat belajar.
Keesokan harinya Radith ngajak gue jalan pas balik sekolah. Tumben banget kan??. Pas balik sekolah, gue nyari-nyari motor Radith. Kok ngga ada sih?? Gue celingak-celinguk nyariin dia. Eh, tau-tau kepala Radith nongol dari jendela mobil sambil manggil gue. Gue langsung jalan nyamperin dia. Dia langsung ngebukain pintu depan buat gue.
“Makasih” kata gue lembut
Radith cuma ngejawab dengan senyuman berlari kecil kearah pintu pengemudi. Mobil mulai dijalankan.
“Umm.. kok tumben sih bawa mobil?” tanya gue memecahkan keheningan
“Lagi pengen aja!!” jawabnya singkat
“Ohh...”

Hening..............

Lah... ini kenapa jadi kaku gini dah?? Ihh.. ngga enak banget sih..?! Iseng,, tangan gue ngegeratak kemana-mana. Tiba-tiba, beberapa botol obat-obatan berjatuhan.
“Eh, sorry ngga sengaja!” kata gue panik sambil mungutin botol-botol obat yang jatuh.
“Ngga apa-apa kok Sil”
“Ini obat-obat banyak banget dah? Punya siapa? Kamu? Sejak kapan kamu minum obat-obatan gini?”
“Yaa ampun... nanyanya satu-satu kenapa!! Hahaha...” “Itu punya kakak aku, dia ngoleksi botol obat-obatan sama obatnya” sambungnya lagi
“Kok aneh sih??”
“Tau tuh, dia mah ngoleksinya barang-barang yang aneh. Kayak kabel-kabel ngga jelas, cabe-cabe kering, malah katanya dia mau ngoleksi kain kapan!” kata Radith serius
“Lah? Serius??”
“Iya.. serius!!”
“Aneh amat!” kata gue sambil nyengir-nyengir
Suasana kembali hening sampai gue sama dia nyampe ke restoran di daerah Kemang. Gue turun dari mobil.
“Yank,, kok tumben sih ngajak aku jalan pas hari sekolah gini?”
“Ya ngga apa-apa kan sekali-kali?”
Gue ngga menjawab. Gue dan dia jalan bareng masuk ke restoran. Restorannya lumayan gede, tempatnya elegan, bikin gue nyaman banget. Tapi gue jadi kaku, karena gue pake baju putuh abu-abu sendiri di situ.
“Kamu mau pesan apa?” kata Radith ngagetin gue
“Hah?”
“Kamu mau pesan apa?” tanyanya lagi
“Adanya apa?”
“Ya banyak. Kamu maunya apa?”
“Terserah kamu dah!!”
“Yee.. gimana sih kamu? Chicken Cordon aja deh yaa.. sama kaya aku?”
“Ohh.. yaudah!” jawab gue singkat
“Minumnya mau apa?”
“Adanya apa?”
“Ya banyak... kamu maunya apa?”
“Kamu maunya apa?” gue nanya balik
“Jus Strawberry aja yaa?”
“Hah? Iya dah!”
“Mbak...!” panggil Radith ke pelayan restoran. “Chicken Cordon dua, jus Strawberry nya dua juga ya!!”

Suasana hening kembali....

“Eh yank,,, kamu potong rambut ya?” tanya gue sambil megang-megang rambut dia. “Kapan potongnya? Kok aku baru nyadar ya?”
“Iya dong potong rambut, keren kan??”
“Engga ah... biasa aja!” kata gue becanda. Gue ngerapihin rambut dia lagi.
Dia megang tangan gue dan mindahin tangan gue dari rambutnya. Eh, kok ada rambut sih di tangan gue?? Tanya gue dalam hati.
“Rambut kamu kok rontok sih? Makanya beli shampoo jangan yang murahan! Hahaha...” kata gue sambil bercanda.
“Eh,,, masa sih rontok??”
“Dirumah aku ada tuh obat buat nyuburin rambut, ntar kalo inget aku bawain deh!”
“Sip lah sip!” kata Radith sambil ngacak-ngacak rambut gue.
Ngga lama kemudian, pelayan restoran dateng bawain makanannya. Gue sama dia langsung makan. Nggak lama dia nganterin gue balik ke rumah. Waktu gue mau turun dari mobilnya, dia manggil gue.
“Sil,, aku sayang kamu!”
“Hehe... aku juga dong!” kata gue seneng
Semenjak saat itu, sampe dtik-detik gue setahunan sama dia, dia ngajak gue jalan-jalan melulu. Ke pantai lah, candle light dinner, ngajak gue maen dirumahnya lah. Pokoknya detik-detik gue mau setahunan sama dia, dia tuh romantis banget. Tambah sayang deh gue sama dia.
Nah, besok gue  sama Radith satu tahunan nih. Rencananya gue diajak makan malam sama dia di restoran deket pantai.
Ngok....ngok....ngok....ngok...
Tiba-tiba HP gue yang di silent bunyi. Ternyata Radith sms gue. Gue langsung membuka pesan yang dikirim Radith.
# Yank, maaf .. kayaknya ngga jadi di resto yang tadi aku bilang deh. Di rumah aku    aja ya? Mama aku udah nyiapin semuanya tuh. Lagi juga kepala aku rada-rada pusing , jadi kayanya ngga bisa jemput juga. Ngga apa-apa kan yank??
Gue bales...
            # ahh.. iya, ngga apa-apa kok! Yaudah ntar aku datang jam 8an deh ya!

Habis sms gitu, gue ngebayangin gimana acara 1 tahunan gue sama dia nanti malam. Lagi gitu, mata gue merem dan alhasil gue ketiduran.
Jam 8 malem gue bangun. Gue mandi terus turun ke bawah buat makan. Lagi mau makan, gue liat Ka Farrel lagi telepon-teleponan sama cewenya. Ngeliat gitu, kayaknya gue inget sesuatu, tapi ngga gitu gue peduliin. Gue naik lagi ke kamar gue sambil nyetel musik kenceng-kenceng. Gue teriak-teriak ngga jelas di dalem kamar, nyanyi-nyanyi kaya orang gila. Udah ngerasa capek, gue matiin tuh musik, gue tiduran di kasur. Tangan gue ngeraba-ngeraba ke arah HP gue yang ngegeter.
(3 misscall dan 5 message)
Banyak amat!!! Semuanya dari Rere..
Message pertama  # sesiiilllllll....
Message kedua    # gimana-gimana?? Lancar??
Message ketiga   # yaelah... laen yang lagi 1 tahunan, sampe ngga bales sms gue!!

YA AMPUUNN!!!! Gue lupa!!! Gue kan mau ke rumah Radith, mau ngerayain 1 tahunan gue! Haduuuhh... mati gue!!
Gue ngelongok ke bawah dari jendela kamar gue. MAMPUS! Hujan lagi!! Haduh gimana ini?? Gue ngelirik jam yang nempel di tembok, jam 21.15. Ahh,,,pake baju apa nih gue?? Bodo deh ah, seadanya aja!!
15menit kemudian gue udah rapih. Gue ngetok-ngetok pintu kamar Ka Farrel.
“Kaa.. Kaka!!!”
ngga ada jawaban .......
“Ka...Kaka!! ih budek!!” kata gue kesel
Ngga lama kemudian dia bukain pintunya. Matanya beler, mungkin baru bangun tidur.
“Anterin gue ke rumah Radith sekarang!!” kata gue tanpa basa-basi.
Ngga ada ekspresi dari muka Ka Farrel. Beberapa detik kemudian, dia nutup pintunya lagi. Blaaaaaammm..!!!
“Ahh.. kakak mah gitu!!” gue teriak
Tanpa pikir panjang, gue langsung keluar hujan-hujanan, nyari Taxi. Setelah nunggu 5 menit, taxinya datang. Gue langsung buru-buru masuk.
“Mau kemana neng??”
“Nama saya Sesil, bukan eneng!!” kata gue kesel “Ke rumah Radith, bang. Cepetan!!”
“Nama saya mas Joko, bukan Bambamg!” jawab tukang taxi konyol
“Iyalah, apa itu namanya, terserah lo! Pokoknya sekarang anterin gue ke rumah Radith!”
“Yaa.. tapi rumah Radith tuh yang dimana toh mba??” tanya supir taxi
Akhirnya gue ngasih alamat rumah Radith.
Sesampainya di rumah Radith, rumahnya tampak sepi. Gue coba mencet bel sampe 2 kali, tapi ngga ada jawaban. Akhirnya mamanya Radith keluar dan membukakan pintu buat gue dengan wajah ceria.
“Masuk Sil!! Radith udah nunggu dari tadi tuh!!”
“Ah.. iya tante! Maaf nih telat!” kata gue dengan baju basah kuyup
Di dalem rumahnya, ada tulisan “Selamat 1 tahunan” atau “Aku Sayang Kamu”. Ada bunga mawar putih juga, yang dari pintu masuk ampe ke kamar Radith.
“Umm.. Radithnya mana tante?” kata gue bingung
“Dia tadi nungguin kamu berjam-jam di luar, kehujanan tadi dia! Mungkin sekarang lagi ganti baju kali. Tunggu aja ya!!” kata mamanya ramah
Gue cuma senyum...
Ngga lama Radith keluar. Ada yang aneh! Dia keluar dengan di dorong oleh mamanya di kursi roda. Mukanya pucat banget. Rambutnya juga kayaknya di potong lagi. Gue ngedeketin bingung.
“Kamu kenapa?”
“Ngga apa-apa kok, lagi pengen dimanja mama aja. Tadi juga yang ngedekorasi ini rumah si mama tuh!” katanya dengan senyum
“Oh.. gitu ya?” jawab gue polos
Habis itu, gue makan berdua sama dia di ruang makan keluarganya yang di desain dengan sangat romantis. Radith kebanyakan diem.
“Kamu kenapa sih?” kata gue bingung ngeliat kelakuannya
Radith ngga ngejawab, mukanya nunjukin banget kalo dia lagi mikirin sesuatu. Gue ngeliatin dia. Tiba-tiba.....
Gubraaaaaaaaaaaaakkkkk!!!!
Radith jatuh pingsan!
Gue teriak-teriak minta tolong dan akhirnya mamanya nyamperin. Mamanya langsung telepon dokter pribadi keluarga mereka.
15 menit kemudian, dokternya keluar. Dia bilang Radith ngga apa-apa, terus katanya Radith mau ngomong sama gue.
Gue msuk ke kamarnya. Radith masih tertidur lemas dengan wajah yang bener-bener pucat. Gue langsung nanya “Kamu ngga apa-apa kan?”
“Ngga apa-apa kok. Umm.. aku mau ngomong satu hal, aku sayang banget sama kamu!”
“Aku juga kok yank. Kamu cepet sembuh ya! Ntar kita jalan-jalan lagi, kita makan bareng lagi, kita seneng-seneng lagi. Yah??” kata gue. Ngga terasa air mata gue jatuh.
“Loh.. kamu kenapa sih? Ngomong apa sih? Aku ngga apa-appa kali!!” kata Radith sambil senyum dan megang tangan gue.
Gue cuma bisa nangis doang ngeliatin dia..
Dia ngapus air mata gue, tangannya dingin banget. Gue megangin tangannya erat-erat. Dia mencoba duduk untuk nenangin gue, tapi jatuh lagi, ngga bisa bangun. Di bantalnya gue lihat rambut-rambut pada rontok. Di mejanya juga banyak botol-botol obat. Gue ngga tau lagi harus gimana.
“Jangan nangis dong! Aku ngga apa-apa. Katanya mau jalan-jalan lagi, mau seneng-seneng lagi?!”
Gue manggut pelan.
“Aku mau istirahat dulu ya, kamu ngga boleh pulang! Pokoknya temenin aku dulu sampe aku bener-bener tidur! Yah?”
“I...Iya!” kata gue di selingi isak tangis
Radith memejamkan matanya dengan tangan yang masih menggenggam tangan gue. Tanpa gue sadari, mamanya dari tadi ngeliatin gue sama Radith sambil nangis.
Tiba-tiba tangan Radith kelepas. Tangannya lemes dan dingin banget, gue bingung. Gue pegang pergelangan tangannya, ngga ada denyutan. Gue ngecek nafasnya, ngga ada hembusan. Gue panggil dia pelan “Radith....”
Ngga ada jawaban. Gue goyang-goyangin badannya sambil teriak-teriak “Radith bangun!!! Radith bangun!!!” kata gue sambil nangis. Gue peluk dia erat-erat. Gue masih belom percaya dia ninggalin gue sendirian.
“Radith bangun!! Katanya mau jalan-jalan lagi? Bangun dong yank!!”
Mamanya Radith masuk. Dia diam, sambil ngeliatin Radith.
“Emang udah waktunya dia pergi, percuma kalo dia hidup juga, malah nyiksa dia!” kata nyokap Radith tegar dengan mata berkaca-kaca.
Gue ngga bergerak, gue masih meluk Radith erat-erat. Air mata gue ngga bisa berhenti nerima kenyataan ini.
“Dia menderita kanker otak stadium 4. Udah dari 3 tahun lalu!” sambung nyokap Radith lagi
“Apa tante?? Kanker otak?? Dari 3 tahun yang lalu?? Dia ngga pernah bilang tante sama aku??”
“Dia ngga mau bikin kamu sedih. Ini ada titipan dari Radith buat kamu.” Kata mama Radith sambil ngasih sebuah kotak yang lumayan besar. Gue nganmbil sambil nangis.
Keesokan harinya, jenazah Radith dimakamkan. Gue sempet ngga mau ngomong sama siapa-siapa selama seminggu. Gue terus melukin kotak hadiah terakhir dari Radith, tanpa tau isi di dalamnya. Dengan perasaan sedih, gue buka kotak itu. Di dalem kotak itu ada foto-foto waktu gue bareng-bareng sama dia, ada boneka kecil juga, ada kotak musik, ada cincin yang dibelakangnya ada nama gue dan dia, ada surat kecil yang bilang “Met 1 tahunan”. Air mata gue ngga pernah habis buat nginget semua kenangan gue sama dia.
Di tengah-tengah foto, ternyata ada sebuah CD. CD itu berisi video gue sama dia di waktu liburan. Di tengah-tengah itu, ada sosok Radith. Radith bilang :
“mungkin pas kamu liat ini, aku udah ngga ada. Maaf aku ngga pernah ngasih tau kalo aku sakit, aku ngga mau kamu sedih. Aku sayang banget sama kamu, kamu akan selalu ada disini (sambil megang dada), di hati aku. Kalo mau cari cowo, cari yang lebih ganteng dan pinter dari aku!!” katanya sambil senyum..
Video itu langsung mati. Gue masih ngga bisa berkata-kata. Gue melukin semua barang dari dia.
Dia sekarang udah ngga ada, ngga bisa bareng-bareng gue lagi, gue bener-bener ngerasa kesepian. Tapi ngga tau kenapa, di saat gue sedih, gue selalu ngerasa ada yang nemenin gue. Yap! Radith.
Biarpun fisiknya ngga keliatan, tapi gue selalu ngerasa kalo dia selalu nemenin gue kamana-mana, ngelindungi dan ngejaga gue. Radith akan selalu tetep ada di hati gue, sampai kapanpun, selamanya.



2 komentar:

Khaerul Irfan mengatakan...

wuih...
mantaph,,,,
ce setia neh,,,

Ditya mengatakan...

sediiiiihhhhh.... baguss.... tapi nyebelin juga.... hikz...

Posting Komentar

Copyright 2009 oktarinigintings. All rights reserved.
Free WPThemes presented by Leather luggage, Las Vegas Travel coded by EZwpthemes.
Bloggerized by Miss Dothy